Login

Don't you have an account yet? Sign up here I forgot my password

Apakah itu Doujinshi?

-

Apa itu Doujinshi? Apa hanya sebatas komik hentai atau fanfiction saja? Karya yang dibuat dari fans, oleh fans, dan untuk fans? Jangan salah kaprah mengenai Doujinshi! Mari kita kenali budaya berkarya independen lewat pembahasan singkat di artikel ini!

Mendengar kata doujin kemungkinan besar akan mengingatkanmu kepada karya-karya komik dewasa yang pastinya sering kamu baca disini. Namun pada kenyataannya, doujin tidaklah sebatas medium pemuas nafsu seksual dalam bentuk manga saja, tetapi juga menjadi suatu subkultur penyalur kreativitas independen yang cukup berkembang, terutama di Jepang.

Doujinshi 同人誌 【どうじんし】adalah istilah Jepang untuk karya-karya yang diterbitkan / dipublikasi secara independent / sendiri. Bila dicermati, makna Doujinshi bisa diartikan sebagai karya yang diproduksi oleh satu atau sekelompok orang dengan minat dan tujuan sama, lalu diterbitkan atau dipublikasikan secara pribadi.

Doujinshi dapat berupa gambar, komik, musik atau bahkan video dan game. Banyak doujinshi yang juga menggunakan desain karakter dari serial anime, manga, ataupun game yang telah dipublikasikan. Doujinshi sering kali dibilang sebagai karya amatir, walaupun beberapa seniman profesional juga ikut serta dalam membuat doujinshi sebagai cara untuk menerbitkan materi tanpa melalui jalur industri reguler.

Istilah doujinshi berasal dari kata doujin (同人, artinya “orang yang sama”, digunakan untuk merujuk ke satu atau beberapa orang yang memiliki tujuan/minat yang sama) dan shi (誌, akhiran yang berarti “terbitan berkala”). Doujinshi adalah bagian dari kategori yang lebih luas dan tidak hanya terbatas pada seperti: hentai, komik, anime, dan game.

Orang / Individu yang membuat doujinshi disebut doujinshi-ka / doujin-ka (kalau di doujindesu ditandai dengan Author). Individu-individu biasanya membentuk kelompok yang saling bekerja sama yang disebut sebagai sākuru (サークル, lingkarkarya) yang berasal dari bahasa Inggris circle (kalau di doujindesu ditandai dengan Group).

Kalian juga mungkin sering mendengar kata Comic Market (コミックマーケット, Komikku Māketto), atau sering disingkat menjadi Comiket (コミケット, Komiketto). Comiket adalah pagelaran doujin terbesar di Jepang yang dikabarkan didatangi lebih dari 600.000 pengunjung tiap tahunnya. Pegelaran tersebut sering diadakan pada musim panas dan musim dingin di Tokyo Big Sight. Disini doujinshi diperjualbelikan maupun ditukarkan oleh para pengunjung.

Demikian pembahasan mengenai Doujinshi, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kawan-kawan sekalian. Jadi, Doujinshi bukan hanya sebagai karya-karya Hentai saja, tapi memiliki arti yang luas, bisa berupa gambar, komik, music, video, maupun game. Asalkan karya-karya tersebut dipublikasikan secara independent / pribadi.

Komentar